Aku Cinta Indonesia

Aku Cinta Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan

 

logo_gunadarma

 

Disusun Oleh :

Mifta Muzaki      (14212573)

MANAJEMEN – 2 EA07

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK

2014

KATA PENGANTAR

 

Puji serta syukur penulis panjatkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmah, taufiq serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Aku Cinta Indonesia” yang merupakan salah satu tugas pertama dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Dalam tugas makalah ini mendifinisikan tulisan, latar belakang, tujuan, manfaat bagi pembaca, membuat kesimpulan, dan saran dalam makalah. Serta disusun berdasarkan dengan materi-materi yang ada dan berdasarkan kejadian serta aktifitas masyarakat Indonesia pada setiap harinya. Materi-materinya dibuat sedemikian ringkas agar bertujuan pembaca nantinya bisa lebih cepat memahami makna dari sebuah perhatian dari negara Indonesia.

Penulis menyadari bahawa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangannya. Dan penulis pun berharap semoga makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi semua, dan akhir kata penulis berharap bahwa yang akhirnya nanti makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang membacanya.

 

 

 

 

 

 

 

Depok, 20 Mei 2014

 

 

 

 

 

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR..

DAFTAR ISI.

BAB I.

PENDAHULUAN..

1.1     Latar Belakang.

1.2     Tujuan Penulisan.

1.3     Ruang Lingkup Masalah.

1.4     Metodologi Penulisan.

1.5     Sistematika Penulisan.

BAB II.

PEMBAHASAN..

2.1     Aku Cinta Indonesia.

2.2     Cinta Produk Indonesia.

2.3     Cinta Terhadap Lingkungan Sekitar

BAB III PENUTUP.

3.1     Kesimpulan.

3.2     Saran.

DAFTAR PUSTAKA..

 

 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Salah satu negara yang kaya akan SDA (Sumber Daya Alam), serta berbagai budaya yang ada didalamnya yaitu negara Indonesia, walaupun negara negara kecil, dan padat penduduk. Menurut BPS (Badan Pengawas Statistik) pada tahun 2012 saja, Indonesia mempunyai penduduk yang besar sekitar 246,9 juta penduduk. Namun Indonesia merupakan salah satu negara yang terkaya dari segi SDA (Sumber Daya Alam) karena memiliki banyak sekali kebutuhan-kebutuhan manusia pada setiap harinya. Banyak pula dari negara-negara tetangga yang ikut serta untuk memanfaatkannya sebagai kebutuhan hidup rakyat di negaranya.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan menurut LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mempublikasikan pada tahun 1972, bahwa di Indonesia terdapat 6.127 pulau, lalu dianadakan lagi penelitian tentang jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah yang terpencar dari Sabang hingga Marauke.

1.2 Tujuan Penulisan

Pada tugas makalah ini bertujuan agar para pembaca nantinya bisa memahami tentang prestasi-prestasi atlet badminton di Indonesia.

1.3 Ruang Lingkup Masalah

Dalam ruang lingkup masalah ini dapat dilihat dalam setiap aktifitas manusia dalam setiap harinya dan sifat atau karakteristik manusia kepada sesama manusia.

1.4 Metode Penulisan

Metode yang digunakan adalah metode deskripsi analisis.Yang dimaksud dengan metode deskripsi analisis adalah metode yang memberikan gambaran-gambaran secara objektif, menguraikannya serta membahasnya secara lengkap tentang pembuatan makalah yang berjudul “Aku Cinta Indonesia”.

1.5 Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan dalam makalah ini yaitu :

  • BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang penulisan, tujuan penulisan, ruang lingkup masalah, metodologi penulisan, dan sistematika penulisan.

  • BAB II PEMBAHASAN

Pada Bab ini yang akan membahas dari segi pengertian dari ekonomi dan segala hal yang berkaitan dengan Aku Cinta Indonesia.

  • BAB III PENUTUP

Bab ini terdapat kesimpulan dari keseluruhan isi makalah ini serta saran bagi penulis untuk pembaca.

  • DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka berisi sumber-sumber materi yang di ambil untuk membuat makalah ini.

 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Cinta Tanah Air

Indonesia merupakan salah satu negara padat penduduk, dan merupakan salah negara yang kaya akan budaya dan segala keindahan yang ada didalamnya. Sebagai warga negara Indonesia baik masyarakat harus menjaga serta merawat segala keindahan yang ada didalamnuya agar tidak rusak dan tetap terjaga hingga anak cucu. Anak-anak Indonesia tentunya mengaharuskan untuk belajar serta belajar selama 9 tahun dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Mengengah Pertama agar terpenuhi segala hak sebagai warga negara Indonesia, karena saat ini biaya pendidikan yang sudah digratiskan oleh pemerintah.

Anak-anak Indonesia sebagai agen perubahan dimasa mendatang, yang akan meneruskan perjuangan untuk Indonesia yang lebih dan lebih layak, untuk memenuhi itu semua diperlukan juga sebuah perjuangan belajar yang giat untuk meraih cita-cita, dan menuntut ilmu setinggi mungkin agar dapat merubah serta memperbaiki Indonesia yang lebih baik.

2.2     Cinta Produk Indonesia

Sebagai salah satu negara yang kaya akan SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju dan berkembang, salah satunya melalui produk yang dihasilkan oleh industri di Indonesia. Dalam produk elektronik, pakaian, makanan, sayur-mayur, maupun daging, Indonesia mampu mengalahkan negara-negara maju namun dari pemerintah Indonesia yang tidak mau memanfaatkan segala Sumber Daya Alam yang ada di negeri sendiri, melainkan selalu mengadalkan negara tetangga untuk impor kebutuhan pokok sehari-hari.

Akibatnya kualitas yang ada di Indonesia menurun dan tidak terjaga sehingga ada masyarakat yang membelinya untuk kebutuhan sehari-hari, melainkan selalu mengandalkan supermarket terdekat untuk membeli sembako untuk dikonsumsi, akibatnya petani di Indonsia mengalami penurunan penghasilan dan tidak lagi bertani dan mengakibatan angka kemiskinan di Indonesia meningkat. Sebagai kaum terpelajar anak-anak Indonesia mengharuskan untuk mensosialisasikan produk Indonesia untuk masa depan bersama dan mensejahterakan masyarakat, karena pentingnya produk yang dihasilkan serta untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dari negara Indonesia.

2.3     Cinta Terhadap Lingkungan Sekitar

Selain kepedulian terhadap produk Indonesia masyarakat pun harus tahu bahwa pentingnya lingkungan disekitarnya, maupun itu sekitar tempat tinggal atau dikepulauan yang ada di Indonesia agar terciptanya suatu kenyamanan untuk setiap warga negaranya adapun cara-cara untuk melakukan itu dengan cara edukasi terhadap anak-anak usia dini dengan mengenalkan tanaman-tanaman yang ada dan untuk merawatnya agar tidak rusak.

Karena Indonesia mempunyai sejuta jenis tanaman yang tersebar diberbagai kepualan, maka sebagai anak-anak muda dan para masyarakat sekitar harus tahu bahwa pentingnya tanaman hijau disekitar kita bermanfaat untuk seluruh umat manusia untuk mengurangi pemanasan global yang ada, dan banyak juga manfaat tanaman bagi kelangsungan hidup manusia salah satunya untuk kebutuhan pokok sehari-hari dan mencegah adanya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Maka dari itu masyarakat harus benar-benar tegas terhadap orang-orang jahil yang bemanfaatkan hutan-hutan demi kepentingan diri sendiri, karena saat ini banyak sekali kasus terjadinya penebangan ilegar yang terjadi dibeberapa pulau di Indonesia, yang mengakibatkan hutan menjadi gundul.

 

BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan SDA (Sumber Daya Alam) yang dapat menghidupi seperti manusia di bumi, dan Indonesia merupakan salah satu negara yang indah karena mempunyai beraneka ragam keindahan yang ada, dan merupakan salah satu negara yang mempunyai gunung merapi terbanyak di dunia.

3.2     Saran

Kita sebagai generasi muda harus sadar akan lingkungan sekitar yang nantinya akan mempunyai nilai tinggi bagi kalangan dunia dan dapat menarik wisatawan-wisatan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia, maka dari itu merawat, memelihara, serta melestarikan lingkungan disekitar kita merupakan salah satu kewajiban yang manfaatnya juga nanti akan dinikmati kepada generasi-generasi selanjutnya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=12‎ (diakses pada tanggal 4 Mei 2014).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s