Resiko meminggul tas berat

Saat ini banyak fenomena dimana banyak orang-orang yang disibukkan dengan berbagai aktifitas yang padat pada setiap harinya baik dari kalangan pekerja, mahasiswa, dan pelajar. Yang dituntut untuk mengerjakan sesuatu untuk kewajiban atas persyaratan mereka untuk menyandang status tersebut.

Dari berbagai golongan tersebut banyak sekali bawaan yang mereka bawa pada setiap harinya dengan menggunakan tas, dari 1 tas yang berisi muatan sampai 5kg, dan ada pula yang membawa 3 tas sekaligus dalam setiap hatinya. Dan tanpa disengaja hal tersebut dapat merusak kesehatan kita dan dapat merubah struktur organ-organ yang didalam tubuh kita.

Image

Bila hal ini diteruskan secara terus menerus dapat mengakibabkan pembungkukkan dalam tulang punggung dan hal ini akan terus hingga menjelang tua nanti dalam arti tidak akan kembali ke semula bila tidak dapat ditangani secepatnya. Dan bila sering menggunakan tas bersilang dengan beban yang berlebihan akan mengakibatkan tulang punggung menjadi melengkung peristiwa ini disebut dengan “Scoliosis”. Scoliosis adalah kondisi dimana kurva tulang punggung membengkok ke kiri ataupun ke kanan, dan biasa disebut dengan tipe “S” atau tipe “C”. Area tulang belakang yang sering membengkok terjadi pada area toracic dan lumbal seperti gambar berikut adalah salah satu contoh orang yang mengalami Scoliosis dalam ronsen :

Image

Salah satu penanganan khusus untuk penderita seperti ini ialah hanya dengan cara Fisioterapi secara terus menerus untuk mengambilkan postur tulang ke bentuk semula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s