Pentingnya pendidikan

Pendidikan itu bukan hanya orang yang mempunyai ekonomi kelas atas saja yang berhak bersekolah, karena pemerintah telah menetapkan Landasan pokok keberadaan sistem pendidikan nasional adalah UUD 45 Bab XIII, Pasal 31, ayat (1) Yang menyatakan bahwa: “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”. Maka dari itu setiap anak warga Indonesia  berhak mendapatkan pendidikan wajib dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Mengengah Atas. Jika ada beberapa opnum entah itu dari pihak sekolah ataupun dari mana asalnya yang menyatakan pelanggaran untuk tidak mendapatkan pendidikan maka akan  mendapatkan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

 Image

Gambar 1.1 Perlunya Pendidikan

Adapun beberapa jalur pendidikan yang ada di negara Indonesia hingga saat ini yaitu :

Jalur pendidikan adalah suatu perencaanaan yang dilalui oleh peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang di inginkan.

1. Pendidikan formal

Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas sampai pendidikan tinggi.

2. Pendidikan nonformal

Pendidikan nonformal paling banyak terdapat pada usia dini, serta pendidikan dasar, adalah TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran,yang banyak terdapat di setiap mesjid dan Sekolah Minggu, yang terdapat di semua gereja. Selain itu, ada juga berbagai kursus, diantaranya kursus musik, bimbingan belajar dan sebagainya.

3. Pendidikan informal

Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.

Jadi setiap anak di Indonesia tidak ada kata telat untuk melakukan suatu perubahan dalam hidupnya dan menyamakan dengan orang sekitar serta tidak membandingkan-bandingkan dengan orang yang lebih darinya,  untuk mengembangkan potensi dalam diri masing-masing serta mewujudkan cita-cita masing-masing dan menjadi anak yang berguna bagi masyarakat sekitar maupun negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s