Contoh nyata dari 6 pilar karakter.

  1. Berikut adalah contoh nyata dari 6 pilar karakter.
    1. Kejujuran (trustworthiness) dalam kehidupan sehari-hari misalnya orang tua kita selalu melakukan kejujuran pada anaknya agar nantinya anak tersebut tidak berbohong kepada orang lain.
    2. Hormat (respect) sikap hormat anak kepada orang tua  atau orang yang lebih tua pada setiap harinya akan menimbulkan suatu rasa sayang antara satu sama lain, serta timbil rasa kebersamaan yang tenang dan tentram.
    3. Tanggung Jawab (responsibility) biasanya pada sifat ini sering terjadi disuatu organisasi dalam melaksanakan suatu tugas untuk melaksanakan suatu agenda acara bulanan atau tahunan, agar tidak menjadi beban kesebelah pihak saja, maka P.O memberikan suatu pekerjaan pada masing-masing anggota dan mempertanggung jawabkan semua kepada tugas masing-masing agar dalam agenda acara tersebut mejadi lancer dan tidak mengalami suatu kejadian yang tidak diinginkan.
    4. Keadilan (fairness) pada setiap manusia pasti mengalami suatu permasalahan ada yang ringan bahkan ada juga yang berat dan biasanya untuk persamasalahan yang berat kadang diselesaikan sampai kepengadilan. Dalam pengadilan terdapat berbagai hukum-hukum yang berlaku yang akan dikenakan pada tersangka sesuai dengan aturan yang berlaku akan tidak memberugikan hanya kesebelah pihak saja.
    5. Kepedulian (care) pada negara Indonesia pasti pernah mengalami yang namanya suatu bencana pada setiap daerahnya, maka dari itu kita sesama manusia harus peduli kepada sesame manusia yang membutuhkan uluran tangan kita dengan cara memberikan sesuatu yang diperlukan pada korban didaerah tersebut.
    6. Kewarganegaraan (citizenship) setiap manusia pasti mempuyai aktifitas tersendiri pada setiap harinya seperti bekerja ke kantor. Sebelum sampai ke kantor biasanya ada yang menggunakan pribadi untuk sampai ke tempat tujuan, sebagai warga negara yang baik kita harus menunjukkan sikap kepatuhan pada peraturan lalu lintas agar kita terlindungi dari bahaya dan memberikan contoh kepada masyarakat luas akan pentingnya suatu peraturan yang berlaku untuk mentaatinya dan bukan malah melanggarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s