6 Pilar karakter

  1. 6 Pilar karakter.

Pertama ialah trustworthiness, kejujuran ialah sikap yang memberikan sesuatu dengan apa adanya.

Kedua ialah respect, rasa hormat ialah sikap yang memberikan rasa saling menghormati kepada orang yang lebih tua.

Ketiga ialah responsibility, tanggung jawab sikap yang memiliki suatu nilai keberanian dalam mengambil sikap dan berani menganbil resikonya.

Keempat ialah fairness, keadilan ialah sikap yang memberikan sebuah kesamaan dan tidak ada berbedaan antara satu dengan yang lainnya.

Kelima ialah care, kepedulian ialah sikap respon kepada sesama manusia untuk saling tolong menolong.

Keenam ialah citizenship, kewarganegaraan ialah sikap ketaatan kepada segala peraturan yang ada agar menjadikan lingkungan yang bersih.

Image

Gambar 1.1 Pilar-pilar Karakter.

  1. Penjelasan tentang opini 6 pilar tersebut.

Pada pilar pertama yaitu kejujuran (trustworthiness) yang dimana pada setiap manusia harus memiliki sifat kejujuran agar tidak terjadinya permasalahan pada kehidupan sehari-hari, karena dari kejujuran inilah timbul suatu simpati pada manusia bila mempunyai suatu masalah pada hidupnya dan dapat berbagi kepada rekan-rekannya agar dapat membantu permasalahan tersebut.

Pada pilar kedua yaitu rasa hormat (respect) setiap manusia harus memiliki karakteristik seperti ini agar dapat saling menghormati, saling mengahargai satu sama lain dan terhindar dari berbagai macam perselisihan, karena adanya rasa hormat ini manusia yang lebih tua dapat merasa dihormati dan timbul rasa kasih sayang antara satu sama lain.

Pada pilar ketiga yaitu tanggung jawab (responsibility) tak hanya orang dewasa yang harus mempunyai karakter ini, bahkan sebisa mungkin bagi orang tua harus mendidik buah hatinya agar bersifat tanggung jawab, agar bila dewasa kelak dapat menjadi penutan kepada orang sekitar dan memberikan contoh kepada yang lain, karena perkembangan zaman ini semakin maju maka dari masyarakatnya sendiri kurangnya adanya sifat tanggung jawab ini yang menyebabkan lalainya dalam berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pilar keempat yaitu keadilan (fairness) pada setiap harinya manusia akan mengalami kebimbangan dimana setiap pekerjaan/aktivitas sehari-hari. Entah itu bersifat keuangan atau semacamnya dari situlah manusia biasanya menyembunyikan segala sesuatu dan tidak membaginya kepada orang yang berhak menerimaya, dari masalah kecil ini terkadang akan timbul masalah-masalah yang baru dan timbul jadi masalah yang besar, dari sinilah peran keadilan pada setiap manusia diperlukan agar menjadi tidak ada yang merasa dirugikan dan menjadi sama-sama senang.

Pada pilar kelima yaitu kepedulian (care) manusia yang bersifat acuh (tidak peduli) terhadap satu sama lain biasanya akan tercampakkan dan dijauhi oleh orang lain, agar menjadi manusia yang memiliki berguna bagi sesame dimulai dari hal yang kecil agar dengan kepedulian terhadap sesame manusia agar menimbulkan tali persaudaraan antara satu sama lain dan tidak menimbulkan suatu perselisihan.

Pada pilar yang terakhir (keenam) yaitu kewarganegaraan (citizenship) kedisplinan pada setiap manusia untuk mempengaruhi orang lainnya sangat diperlukan agar menjadikan suatu tempeh (lingkungan) menjadi lebih baik dan terbebas dari segala hal yang tidak diinginkan, serta tertanamnya tanggung jawab dan berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari agar menjadikan suatu kehidupan yang tentram.

One thought on “6 Pilar karakter

  1. Pingback: Tulisan 2 – 6 PILAR KARAKTER | Risna Junianda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s