6 pilar karakter terdapat pada bangsa kita?

Pilar pertama ialah trustworthiness kejujuran, pada bangsa Indonesia sikap jujur ini sangat jarang ditemukan disekitar kita bahkan sahabat dekat kita kadang merekapun bersikap tidak jujur, apalagi dari kalangan pemerintahan banyak sekali saat ini ketidakjujuran pada setiap suatu tindakan yang mereka lakukan maka dari itu timbulkan banyak permasalahan diantaranya yaitu korupsi.

Pilar kedua ialah respect rasa, hormat rasa hormat kita kepada orang yang lebih tua atau orang yang lebih tua itu dapat dilihat pada kegiatan sehari-hari misalkan saja di sekolah, banyak murid-murid yang memberi hormat kepada gurunya sebagai tanda terima jasa karena telah mendidiknya selama di sekolah.

Pilar ketiga ialah responsibility tanggung jawab, sikap ini sangat diperlukan pada dunia kerja tentunya karena dalam bersikap bertanggung jawab kepada orang sekitar kita dapat memberikan suatu nilai lebih kepada orang lain sebagai kita tekun pada tugas yang diberikan dan tidak melalaikannya serta memberikan nilai terbaik pada perusahaan.

Pilar keempat ialah fairness keadilan, banyak dinegara Indonesia ini kurangnya rasa adil kepada setiap hukuman yang berlaku misalkan saja seorang nenek yang mencuri 1 buah dengan seorang koruptor, dalam kasus ini nenek pencuri tersebut dikenekan hukuman kurang lebih 15 tahun penjara sedangkan sang koruptor malah mendapatkan hukuman yang lebih ringan dari itu, padahal koruptor lebih banyak merugikan bagi negara ketimbang pencuri tersebut.

Pilar kelima ialah care kepedulian, sikap peduli kepada sesama muncul ketika saudara kita mengalami suatu permasalahan atau bencana alam pada daerah tersebut, pada saat itulah peran kita diperlukan untuk membantunya sebagai tanda peduli kita untuk meringankan beban mereka.

Keenam ialah citizenship kewarganegaraan, setiap harinya manusia melakukan suatu aktifitas untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Dan pada setiap manusia harus ditanamkan suatu kedisiplinan serta rasa patuh kepada setiap peraturan yang berlaku agar menjadikan lingkungan lebih nyaman dan tentram karena dari situlah kebersamaan terjalin menjadi persaudaraan yang lekat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s