Mekanisme Pasar di Negara Berkembang

Sekelompok atau sekumpulan orang yang berkumpul pada suatu tempat untuk melakukan suatu transaksi jual beli ialah pengertian dari pasar. Sedangkan mekanisme pasar adalah suatu pengaturan (management) yang dilakukan dipasar untuk saling menguntungkan satu sama lain. Dalam memajukan perekonomian suatu negara, pasar memiliki peranan yang sangat penting. Melalui aktifitas pasar, produksi dapat sampai ke tangan konsumen yang berakibat adanya keuntungan bagi produsen dan konsumen dapat terpenuhi kebutuhannya. Pasar merupakan terjadinya komunikasi antara penjual dan pembeli, terjadinya hubungan antara penawaran yang dilakukan oleh produsen dengan permintaan yang dilakukan oleh konsumen. Pada umumnya pasar memang dapat dilihat secara konkrit, dimana penjual dan pembelinya dapat bertemu secara langsung dan mengadakan transaksi pada suatu tempat. Namun dalam perekonomian yang modern saat ini, pasar bisa saja abstrak artinya penjual dan pembelinya tidak bertatap muka secara langsung, namun bisa melakukan transaksi.

Beberapa hal kebaikan adanya mekanisme pasar adalah :

  1. Pasar dapat memberikan informasi yang tepat.
  2. Pasar memberikan perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha.
  3. Pasar memberikan perangsang untuk memperoleh keahlian modern.
  4. Pasar menggalakan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien
  5. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Adapula beberapa kekurangan pada mekanisme pasar adalah :

  1. Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu..
  2. Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil keadaannya.
  3. Sistem pasar dapat menimbulan monopoli.
  4. Mekanisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
  5. Kegiatan konsumen dan produsen mingkin menimbulkan ”Eksternalitas” yang merugikan.

Ditinjau dari bentuknya kita mengenal dua bentuk pasar, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pada pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang harga suatu barang, sehingga tidak ada satupun pihak yang bisa menguasai harga. Barang yang sama pada pasar persaingan sempurna dijual oleh banyak penjual dengan harga yang sama.

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga akan terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingg para penjual dan pembli tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price taker).

Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar. Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :

  • Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang homogenitas.
  • Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna.
  • Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar.
  • Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar dengan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
  • Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar.

Sedangkan pada pasar persaingan tidak sempurna, terdapat satu atau beberapa pihak penjual atau pembeli yang dapat menguasai harga.

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari beberapa bentuk :

  • Pasar monopoli : suatu pasar dimana terdapat satu penjual menguasai harga.
  • Pasar duopoli : suatu pasar dimana terdapat dua penjual menguasai harga.
  • Pasar oligopoli : suatu pasar dimana terdapat beberapa penjual menguasai harga.
  • Pasar monopsoni : suatu pasar dimana terdapat satu pmbeli menguasai harga
  • Pasar oligopsoni : suatu pasar dimana terdapat beberapa pembeli menguasai harga.
  • Pasar monopolistik : suatu pasar dimana banyak penjual barang yang sanma dan masing masing penjual dapat menguasai harga.

Dalam pembehasan berikutnya tentang mekanisme pasar hanya dibatasi pada pasar persangan sempurna, mulai dari produksi, biaya, penawaran, permintaan, pendapatan dan laba yang didekati dengan ekonomi mikro. Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s