PERDAGANGAN DI INDONESIA

Perdagangan atau yang bisa juga disebut dengan perniagaan adalah suatu kegiatan transaksi tukar menukar barang melalui barang atau jasa. Pada zaman dahulu saat belum ditemukannya sebuah alat yang digunakan untuk membeli suatu barang atau menggunakan jasa seseorang atau yang disebut dengan uang, orang-orang zaman dahulu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya menggunakan barang dengan barang karena belum adanya uang. Tetapi saat ini sudah ada uang dan sudah menjadi alat tukar yang sah untuk melakukan transaksi jual beli.

Saat ini diberbagai penjuru dunia khususnya di Indonesia pada setiap harinya pasti melalukan suatu transaksi jual beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari golongan masyarakat dengan tingkat ekonomi yang tinggi sampai tingkat ekonomi yang rendah dan tidak ada yang saling membedakan karena satu sama lain saling membutuhkan apa yang dibutuhkan pada setiap harinya. Tetapi pemerintah pun harus memerhatikan masyarakatnya agar tidak ada yang merasa terbebani akan kebijakan-kebijakan baru yang mengenai mata pencarian seorang pedagang khususnya para petani. Saat ini banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang selalu memanfaatkan impor beras (pangan) dari luar negeri, walaupun ada beberapa faktor yang memicu hal tersebut bisa terjadi diantaranya pada saat disuatu daerah yang paling banyak memproduksi beras yang paling banyak khususnya di daearah jawa barat sedang mengalami musibah, khususnya di Indonesia yang memiliki 2 musim kemarau dan musim hujan.

Dua-duanya ini saling bisa menjadi untung bagi petani dan bisa juga menjadi musibah bagi petani yang tinggal di pedasaan, khususnya memasuki daerah penghujan saat ini, bila hujan sekali ada yang bisa langsung banjir dan mengalami gagal panen akibat cuaca yang tidak bersahabat, dan juga bila mengalami musim kemarau yang panjang ada bulan-bulan lalu banyak keluhan yang diungkapkan para petani karena susahnya mencari air dan yang berakhir dengan gagal panen karena kekeringan, ada pun juga karena harga pupuk yang melambung tinggi karena adanya pengurangan subsidi pupuk.

  • Tanggapan

Dalam setiap negara, masyarakat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu : Kelompok Atas, Kelompok Menengah, Kelompok Bawah. Hal ini menjadi tugas penting bagi pemerintah untuk menerapkan suatu kebijakan-kebijakan khusus untuk mensejahterakan rakyatnya. Khususnya untuk masyakarat kecil agar ikut dalam menikmati apa yang dirasakan masyarakat lainnya.

  • Saran

Pemerintah agar lebih melihat dalam menangani sebuah masalah yang ada, dan tidak gegabah dalam meengambil keputasn yang bisa berakibat ketidakseimbangan dalam masalah perekonomian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s